Rabu, 26 Juli 2017

Lilin Batik atau yang biasa disebut malam

Lilin Batik atau yang biasa disebut malam merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan batik, khususnya batik tulis dan batik cap. Bahan ini berfungsi untuk melindungi bagian kain (motif) agar tidak ikut dalam pewarnaan. Pada prinsipnya dalam pembuatan batik memadukan dua sifat yang bertentangan yakni minyak dan air. Minyak yakni lilin atau malam, dan sedangkan pewarna mengandung air.

Lilin Batik


Kenapa lilin batik tersebut disebut malam? Ini karena, sebelum menemukan lilin batik seperti sekarang ini pada zaman dahulu, orang Jawa biasa menggunakan bekas sarang lebah untuk membatik. Di dalam sarang terdapat kumpulan struktur yang berbentuk hexagonal, struktur tersebut terbuat dari bahan semacam lilin. Lilin ini tersusun dari ester asam lemak dan berbagai senyawa alkohol setelah melalui proses yang cukup panjang. Dan orang Jawa biasa menyebut bagian itu dengan nama malam. Dan nama itulah yang sampai sekarang digunakan untuk menyebut lilin batik.

lilin batik sangat penting dalam proses mbatik di Batikdlidir



lilin batik sangat penting dalam proses mbatik di Batikdlidir. Tetapi seiring perkembangan zaman, bahan dari bekas sarang lebah itu tidak lagi digunakan untuk membatik. Orang sudah mulai bisa menciptakan bahan malam dari perpaduan dari sejumlah bahan yang mampu menahan air. Diantaranya, gondorukem, getah damar, parafin, microwax. Selain itu, juga digunakan lemak binatang atau biasa disebut kendal atau gajih, kemudian juga lilin tawon, sabut kelapa dan juga lili lanceng. Perpaduan ini memiliki sifat yang bisa menahan dari air, tetapi bisa meleleh jika dipanaskan pada suhu tertentu yakni di atas 59 derajat Celsius. Selain itu, bahan ini juga tidak mudah pecah serta kuat saat menempel pada kain. Dengan begitu, batik yang dihasilkan bisa sempurna.

lilin batik sangat penting dalam proses mbatik di Batikdlidir


Lilin batik atau malam ini memiliki beberapa jenis, bergantung pada penggunaannya. Diantaranya, ada malam klowong, tembok dan malam bironi. Untuk penggunaannya, malam klowong ini biasanya digunakan untuk nglowongi atau perekatan pertama pada motif yang sebelumnya sudah dibuat. Malam tembok berfungsi untuk nembok atau ngeblok mengisi bidang luas pada sebuah pola. Sedangkan malam bironi untuk menutupi warna biru serta sebagai isen-isen.

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah solo, aqiqah jogja, aqiqah semarang, perlengkapan haji dan seragam batik murah.

Untuk pemesanan atau informasi kain batik bisa sms atau whatsapp ke :
0822 6565 2222 Pak Mudzakir.
Kami menyarankan menggunakan whatsapp untuk mempermudah dalam koordinasi. Baik gambar motif batik maupun pengiriman kelokasi Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar