Kamis, 27 Juli 2017

Kain cetak batik atau batik printing

Kain cetak batik adalah salah satu teknik dalam membuat motif batik pada kain. Proses pembuatan ini tidak ubah seperti proses pada penyablonan pada kain atau kaos. Tetapi, untuk kualitas warnanya jelas jauh berbeda. Maka dari itu banyak yang menyebut teknik batik ini adalah batik sablon. Bagi para penggemar batik, batik cetak atau printing ini bukanlah kain batik, melainkan hanya kain yang diberikan motif batik.

Kain cetak batik atau batik printing


Pada proses pembuatan batik cetak ini juga tidak ada pencelupan rintang sebagaimana yang dilakukan pada pembuatan batik lainnya. Di dalam tahapan celup rintang itu terdapat beberapa proses lagi, yakni proses pemalaman, pewarnaan, dan penghilangan lilin malam. Dan pekerjaan seperti ini tidak akan anda jumpai dalam pembuatan batik sablon atau batik cetak. Di mana pada batik sablon tidak ada proses pemalaman, sehingga proses pelorotan bukan untuk pelepasan lilin malam seperti yang dilakukan pada teknik pembuatan batik lainnya.


Kain cetak batik dengan kombinasi dari pengrajin di Batikdlidir


Kain cetak batik dengan kombinasi dari pengrajin di Batikdlidir. Batik cetak atau sablon ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan teknik lainnya seperti batik tulis atau batik cap. Diantaranya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat motif sangat singkat, bahkan untuk selembar kain hanya butuh waktu lebih kurang 5 menit saja, cukup singkat bukan. Makanya, pembuatan batik cetak ini kebanyakan diperuntukkan bagi kebutuhan produksi yang besar, misalkan seragam sekolah, seragam kantor atau yang lainnya.

Kain cetak batik dengan kombinasi dari pengrajin di Batikdlidir

Selain itu, untuk pembuatan batik cetak ini juga lebih hemat tenaga. Masih ada kelebihan lainnya dari batik cetak ini yakni motif yang ada pada kain lebih konsisten dibandingkan dengan jenis batik lainnya. Ini karena proses pembuatannya menggunakan cetakan yang sudah didesain sedemikian rupa sehingga motif maupun warnanya jauh lebih sempurna dibandingkan dengan teknik lainnya. Meski begitu, batik cetak ini juga memiliki sejumlah kekurangan, seperti kain yang diberikan motif hanya satu sisi saja sedangkan sisi lainnya tidak.
Karena, teknik pembuatan menggunakan cetak atau printing maka kualitas warna maupun motifnya juga tidak bisa tahan lama atau awet.


Berbeda dengan jenis batik yang proses pembuatannya menggunakan teknik tulis atau cap. Dan untuk harganya, batik cetak adalah yang paling murah dibandingkan dengan batik lainnya.

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah solo, aqiqah jogja, aqiqah semarang, perlengkapan haji dan seragam batik murah.

Untuk pemesanan atau informasi kain batik bisa sms atau whatsapp ke :
0822 6565 2222 Pak Mudzakir.
Kami menyarankan menggunakan whatsapp untuk mempermudah dalam koordinasi. Baik gambar motif batik maupun pengiriman kelokasi Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar