Rabu, 26 Juli 2017

Kain Batik Indonesia

Kain Batik Indonesia sudah sangat dikenal di berbagai negara, tidak hanya di kawasan Asia saja tetapi juga diseluruh dunia. Salah satu buktinya yakni dipakainya busana batik Indonesia ini oleh almarhum mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela. Bahkan pernah suatu waktu, saat berada di depan para petinggi sejumlah negara, Nelson dengan bangga mengatakan jika busana yang sedang dikenakannya merupakan batik dari Indonesia. Ini membuat para petinggi dari berbagai negara tersebut mengetahui jika busana yang dikenakan oleh Nelson Mandela waktu itu merupakan jenis kain yang berasal dari Negara Indonesia.



Tidak hanya itu, kain yang memiliki motif unik juga diakui sebagai warisan budaya oleh Unesco pada 2009 lalu. Ini menjadikan rasa bangga tersendiri bagi kita warga Indonesia sudah memiliki kain yang diakui oleh dunia. Awalnya kain batik merupakan kain yang tergolong eksklusif. Ini karena, kain tersebut hanya bisa dikenakan oleh orang tertentu saja. Diantaranya, orang yang memiliki jabatan di pemerintahan dan juga keluarga keraton saja. Selain kedua golongan tersebut sangat jarang orang yang mengenakan pakaian jenis ini.
Dulunya, batik ini dibuat hanya menggunakan teknik tulis saja. Dan kebanyakan para pembuat batik adalah para perempuan.




Awalnya, pekerjaan ini hanya dijadikan sebagai sampingan saja sembari berada di rumah. Tetapi lema-kelamaan pekerjaan ini menjadi pekerjaan utama dan jumlah perempuan yang menekuni pekerjaan membatik juga semakin bertambah banyak. Keahlian membatik sendiri ini biasanya didapatkan oleh para pembatik secara turun temurun. Sedangkan para pendahulunya mendapatkan keahlian membatik secara autodidak saja.



Di Indonesia sendiri kain batik beraneka ragam jenisnya. Meskipun pada dasarnya, proses pembuatan batik hanya ada beberapa teknik saja. Yakni teknik batik tulis, printing dan juga teknik batik cap. Tetapi, dari ketiga teknik pembuatan batik ini melahirkan beragam motif dari setiap daerah. Bahkan setiap daerah ada motif sendiri-sendiri yang sudah memiliki ciri khas dan berbeda dengan daerah lain. Seperti kain batik dari Kota Solo, kain batik dari Magelang, Yogyakarta, dan juga daerah lainnya.


seragam batik.

Untuk pemesanan atau informasi kain batik bisa sms atau whatsapp ke :
0822 6565 2222 Pak Mudzakir.
Kami menyarankan menggunakan whatsapp untuk mempermudah dalam koordinasi. Baik gambar motif batik maupun pengiriman kelokasi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar